Alasan Remaja Ini Ngotot Nikahi Nenek 71 Tahun, adalah Karena Si Nenek Ternyata Sudah ...

Alasan Remaja Ini Ngotot Nikahi Nenek 71 Tahun, adalah Karena Si Nenek Ternyata Sudah ...

Baca Juga

Pernikahan merupakan sebuah peristiwa yang sakral. Karena pernikahan merupakan ikatan suci yang bertujuan membina rumah tangga yang bahagia. Namun apa jadinya bila pernikahan itu dilakukan oleh dua insan yang usianya terpaut begitu jauh? Apa jadinya bila seorang remaja 16 tahun menikahi seorang wanita berusia 71 tahun?

Ya, UCers tidak salah baca. Memang demikian adanya. Dilansir dari detiknews.com (03/07/2017), seorang warga Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan bernama Slamet Riyadi dengan mantap menikahi Rohaya, seorang wanita berusia 71 tahun. Slamet Riyadi sendiri masih berusia 16 tahun. Namun dua insan itu benar-benar telah melakukan pernikahan. Apa yang membuat remaja 16 tahun itu ngotot menikahi Rohaya yang seusia dengan neneknya?

Ada yang memandang sebelah mata terhadap pernikahan dua insan berbeda usia itu. Ada yang berprasangka bahwa Slamet Riyadi hanya mengincar harta dari Rohaya, sang istri. Namun berita miring itu tidak benar adanya. Slamet Riyadi sama sekali tiak memikirkan perihal harta. Pun Rohaya juga bukan orang yang bergelimang harta. Slamet Riyadi mengaku cintalah yang membuatnya menikahi wanita 71 tahun itu. Lantas apa yang membuat Slamet Riyadi jatuh cinta pada Rohaya.

Rupanya cinta Slamet Riyadi bermula pada perhatian yang diberikan Rohaya kepadanya. Sebagaimana dilansir dari detik.com (03/07/2017), seorang Ketua RT I Desa Karangendah, Ogan Komering Ulu bernama Kuswoyo menuturkan bahwa kedekatan Slamet Riyadi dengan Rohaya terjadi sejak 6 bulan silam. Itu bermula dari orangtua Slamet Riyadi yang bercerai dan ibunya menikah lagi. Sejak saat itu, Slamet Riyadi tinggal bersama orangtua angkat yaitu Rohaya.

“Pastinya tidak tahu seperti apa, tapi pas tinggal di sana (rumah Rohaya) Slamet ini sempat sakit malaria lebih kurang satu bulan. Saat itulah yang merawat adalah Bu Rohaya seorang diri,” tutur Kuswoyo mengenai awal mula kedekatan Slamet dan Rohaya.

Begitulah. Rupanya perhatian yang diberikan Rohaya membuat remaja 16 tahun itu jatuh hati. Gayung bersambut. Rupanya Rohaya juga menaruh rasa pada Slamet. Tahu bahwa cintanya tidak bertepuk sebelah tangan, beberapa waktu lalu Slamet pun langsung memberitahukan niatnya pada keluarga untuk menikahi sang pujaan hati, Rohaya.

Apakah keluarga Slamet Riyadi langsung menerima niat pemuda itu? Ternyata tidak. Pihak keluarga, baik keluarga Slamet maupun keluarga Rohaya pada mulanya tidak merestui niat dua insan itu untuk menikah. Namun pada akhirnya pihak keluarga itu tidak bisa mencegah saat Slamet dan Rohaya tetap bersikeras untuk menikah. Ijab kabul Slamet dan Rohaya dilakukan di di rumah Kepala Dusun (Kadus) I, Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU pada hari Minggu malam 2 Juli 2017, sebagaimana dilansir dari beritatotal.com (03/07/2017).

Pernikahan dengan perbedaan usia yang relatif jauh seperti Slamet dan Rohaya ini merupakan sebuah fenomena sosial. Ambar Rahayu, selaku Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) berpendapat bahwa remaja yang menikah dengan pasangan yang jauh lebih tua usianya perlu diberikan pembekalan.

“Saya rasa ini merupakan fenomena yang terjadi dan harus segera disikapi. Artinya apa, para remaja ini harus diberikan pembekalan tentang bagaimana merencanakan kehidupan berkeluarga,” tutur Ambar Rahayu, sebagaimana dilansir daro detiknews.com (03/07/2017).

Terkait pernikahan Slamet dan Rohaya, Ambar Rahayu secara khusus berpendapat, “Ini kasus tertentu mungkin tidak bisa digeneralisir. Nah, mungkin si anak ini haus pengasuhan orangtua. Makanya dia pilih istri yang tua dengan harapan untuk mendapatkan kasih sayang. Bisa dilihat lagi apakah anak ini tadinya berasal dari keluarga yang bercerai. Kalau memang demikian ini bisa dijadikan contoh di dalam pengasuhan anak. Kalau anak mendapatkan kasih sayang yang utuh kemungkinan dia tidak seperti ini. Jadi motifnya di sini bukan materi, artinya dia mencari kasih sayang.” Demikian tutur Ambar Rahayu.

Itu tadi ulasan mengenai alasan yang membuat Slamet Riyadi ngotot menikahi Rohaya, seorang nenek berusia 71 tahun. Bagaimana menurutmu.

Sumber : UCNEWS

Related Posts

Alasan Remaja Ini Ngotot Nikahi Nenek 71 Tahun, adalah Karena Si Nenek Ternyata Sudah ...
4/ 5
Oleh